Kemelut Rumah Tangga

June 14, 2008 at 10:16 am | Posted in Beranda Keluarga | Leave a comment

Karya : Ust. Aam Amiruddin

Kemelut Rumah Tangga (Perselingkuhan dalam Rumah Tangga)

1. Cemburu yang berlebihan
“Sesungguhnya diantara cemburu ada cemburu yang dibenci Allah, yaitu cemburu seorang kepada Suami/Isteri tanpa alasan” (H.R. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, An Nasa’i)

2. Tidak Menjaga Rahasia
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan Puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang
hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Q.S. 2 : Al Baqarah : 187)

3. Terjadi Perbedaan Sudut Pandang
“Janganlah kamu saling marah, jangan saling benci, jangan saling acuh satu sama lain, tapi jadilah kamu satu saudara, tak halal bagi seorang muslim memusuhi saudaranya lebih dari tiga hari” (H.R. Muslim)

4. Perselingkuhan

a. Perselingkuhan Materi (Tidak ada keterbukaan dalam mengelola keuangan keluarga)
b. Perselingkuhan Hati


Solusi Selingkuh Hati yang Salah (Isteri) :

· Berdo’a
· Bersikap baik pada suami
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar. (Q.S. 41 : Fushshilat : 34-35)

· Berikhtiar mengendalikan emosi
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Q.S. 3 : Ali Imran : 133-134)

· Lakukan Interospeksi
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. 59 : Al Hasyr : 18)

· Konsultasikan dengan orang yang tepat
Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang memajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Al Mujadilah : )

Solusi Selingkuh Hati yang Salah (Suami) :

· Harus Introspeksi diri
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Q.S. 59 : Al Hasyr : 18)

· Memberikan Nasehat
· Melibatkan orang lain (konsultasi) {Do’a}
· Talak {Do’a}

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: